Jumat, 18 September 2009

Noordin M Top Hanya Ikon, Masih Ada 400 Teroris Perakit Bom yang Lain


Jakarta - Noordin M Top telah tewas. Tapi itu bukan berarti aksi teror berhenti. Gembong teroris asal Malaysia itu hanya satu sel di antara sekian banyak sel yang lain.
"Noordin itu hanya dipakai sebagai ikon oleh pemerintah bahwa dia itu gembong. Coba saja lihat saat nama Noordin muncul pada Bom Bali I, peran dia dalam aksi itu sangat kecil, dia bukan yang utama. Artinya dia dipakai sebagai image building," jelas pemerhati terorisme, Hermawan Sulistyo saat dihubungi melalui telepon, Jumat (18/9/2009).
Pria yang pernah dilibatkan dalam penyelidikan tragedi Bom Bali ini menjelaskan, saat ini berdasarkan catatan dia saja ada 400 orang yang diketahui memiliki keahlian merakit bom.
"Bagaimana kalau mereka membentuk sel-sel yang terpisah dengan Noordin. Organisasi teroris ini bukan organisasi dengan struktur ketat. Jadi mereka bisa membuat sel-sel," jelasnya.
Saat ini, lanjut dia, pasca tewasnya Noordin yang mungkin terjadi adalah para pelaku teror akan berdiam dulu untuk sementara. "Mereka tiarap dahulu, sambil membangun lagi," jelasnya.

(ndr/iy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Technology hari ini
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere